Investasi Runway Ketiga Bandara Cengkareng Rp 8 T

Pembangunan landasan pacu runway ketiga Bandara SoekarnoHatta diperkirakan mencapai Rp 8 triliun Anggaran Rp 5 triliun untuk pembebasan lahan dan Rp 3 triliun untuk membangun runway Pembangunan bandara baru di Karawang pun dikesampin
Image title
Oleh
21 April 2014, 10:56
bandara-soekarno-hatta-1.jpg
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pembangunan landasan pacu (runway) ketiga Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai Rp 8 triliun. Anggaran Rp 5 triliun untuk pembebasan lahan, dan Rp 3 triliun untuk membangun runway. Pembangunan bandara baru di Karawang pun dikesampingkan untuk pembangunan runway ini.  

?Kalau pembangunan runway cuma perlu waktu dua hingga tiga tahun. Sedangkan pembangunan bandara Karawang belum tentu 10 tahun selesai,? ujar Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dikutip dari Investor Daily, Senin (21/4).  

Menurutnya, jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta  sudah sangat padat. Lalu lintas penerbangan, baik pesawat mendarat (landing) maupun yang lepas landas (take off) mencapai 76 kali per jam. ?Menunggu realisasi bandara di Karawang sangat lama. Sekarang, kami sedang membahas bagaimana caranya membangun runway ketiga,? tuturnya.  

Ada tiga lokasi alternatif untuk pembangunan runway, lanjutnya, yakni di sekitar bandara eksisting, di Lebak (Provinsi Banten), dan di atas lahan reklamasi laut di sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement

Penundaan bandara Karawang, juga karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diharapkan dapat mempercepat penyelesaian perubahan rencana umum tata ruang (RUTR), ternyata tidak melakukan tindakan apapun. ?Revisi RUTR Provinsi Jawa Barat belum ada. Tidak ada space untuk membangun bandara. Karena mereka mau membangun bandara di Majalengka,? kata dia.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait