JK: Mengurangi Subsidi BBM Bisa Hentikan Penyelundupan

Pemerintah juga perlu membangun dua kilang minyak baru untuk memberantas mafia migas
Image title
Oleh
9 September 2014, 10:36
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) mengatakan adanya disparitas harga yang tinggi antara bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dan nonsubsidi, membuat rantai penyelundupan tidak bisa diputus. Mengurangi subsidi dapat membuat disparitas harga tersebut berkurang yang pada akhirnya penyelundupan BBM bersubsidi pun bisa dihentikan.

?Negeri ini sudah hampir kolaps karena manjual BBM terlalu murah ke orang yang tidak perlu,? ujarnya, seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Selasa (9/9).

Menurut dia, penikmat subsidi BBM adalah pemilik kendaraan bermotor yang merupakan masyarakat mampu. Makanya JK berencana memindahkan alokasi subsidi BBM untuk membiayai sektor produktif, seperti pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, dia juga mengatakan pemerintah perlu membangun dua kilang minyak baru untuk memberantas mafia migas. Dengan adanya kilang tersebut, Indonesia bisa membeli minyak mentah langsung dari negara penghasil tanpa perantara.

Advertisement
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    News Alert

    Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

    Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
    Video Pilihan

    Artikel Terkait