Elang Mahkota Lepas 414 Juta Saham Surya Citra Media

Setelah melepas 01 persen kepemilikannya pada awal bulan Elang Mahkota kembali melepas 28 persen kepemilikannya
Image title
Oleh
20 Agustus 2014, 15:40
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Elang Mahkota Teknologi Tbk kembali menjual sebagian kepemilikannya di perusahaan pengelola stasiun televisi PT Surya Citra Media Tbk. Pada 6 Agustus, Elang Mahkota sudah melepas 0,1 persen kepemilikan sahamnya di Surya Citra Media. Saat ini Elang Mahkota kembali melepas sekitar 2,8 persen lagi kepemilikannya di perusahaan yang membawahi stasiun televisi SCTV dan Indosiar tersebut.

Dalam Keterangan resminya kepada Bursa Efek Indonesia Selasa (19/8), Sekretaris Perusahaan Surya Citra Media Hardijanto Saroso mengatakan Elang Mahkota, yang merupakan pemegang saham pengendali perseroan, telah menjual 414,3 juta saham perseroan. Penjualan saham tersebut dilakukan melalui penempatan penjualan kepada investor-investor profesional dan institusional.

Transaksi penjualan saham ini dilakukan pada 15 Agustus lalu, sementara penyelesaian transaksi tersebut diharapkan dapat terjadi hari ini (20/8).  Elang Mahkota menjual saham Surya Citra Media dengan harga Rp 3.855 per saham, lebih rendah dibandingkan harga penutupan pada 14 Agustus sebesar Rp 3.935. Sejak 15 Agustus hingga hari ini, harga saham Surya Citra masih bertahan di harga Rp 3.900 per saham.

Dalam keterangan resminya, Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Monika I. Krisnamurti mengatakan Penjualan ini memberikan hasil pendapatan gross sebesar Rp 1,59 triliun, yang akan digunakan untuk keperluan umum dan pengembangan usaha perseroan. "Setelah penjualan tersebut, Elang Mahkota memiliki 9,75 miliar saham Surya Citra Media, yang mewakili 66,68 persen dari seluruh saham Surya Citra Media," ujar Monika.

Untuk transaksi ini, Elang Mahkota menunjuk CLSA Singapore Pte Ltd sebagai koordinator penjualan global. Sedangkan Citigroup Global Markets Ltd, Deutsche Bank AG cabang Hong Kong, dan Standard Chartered Securities Pte Ltd bertindak sebagai  joint bookrunners.

Kinerja SCMA pada semester I-2014 memang terbilang sangat baik. Perseroan berhasil membukukan  pendapatan sebesar Rp 2,14 triliun, 19,16 persen lebih tinggi dibandingkan pendapatan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 1,8 triliun. Bahkan laba bersih perseroan meningkat hingga 28,8 persen, dari Rp 632,18 miliar pada kuartal II-2014, menjadi Rp 814,27 miliar pada kuartal II tahun ini.

Kinerja yang sangat baik ini membuat harga saham Surya Citra Media terus naik sejak akhir kuartal I tahun ini. Memasuki tahun ini, harga saham perseroan masih baru mencapai Rp 2.625 per saham. Pada pertengahan Maret, harga saham perseroan mulai merangkak naik hingga mencapai Rp 3.000. Saat ini harga saham Surya Citra Media sudah mencapai Rp 3.900 per saham.

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
    News Alert

    Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

    Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
    Video Pilihan

    Artikel Terkait