Modal Asing Mengalir Deras

Investor asing tercatat menambah porsi kepemilikannya di pasar surat utang negara SUN mencapai Rp 39057 triliun Berdasarkan data Ditjen Pengelolaan Utang Kemenkeu per 19 Mei jumlah kepemilikan tersebut setara 354 persen dari total ou
Image title
Oleh
21 Mei 2014, 14:01
bursa-saham-indonesia.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Investor asing tercatat menambah porsi kepemilikannya di pasar surat utang negara (SUN) mencapai Rp 390,57 triliun. Berdasarkan data Ditjen Pengelolaan Utang Kemenkeu per 19 Mei, jumlah kepemilikan tersebut setara 35,4 persen dari total outstanding beredar sebesar Rp 1.103,34 triliun.  

Secara year to date, dana asing yang masuk ke pasar SUN mencapai Rp 66,74 triliun. Jumlah itu lebih besar dibandingkan total inflow yang masuk sepanjang 2013 yang hanya Rp 53,31 triliun.  

Tingginya inflow sepanjang lima bulan pertama tahun ini sejalan dengan dengan credit default swap (CDS) atau persepsi risiko berinvestasi di Indonesia yang bergerak turun. Menurut Herdi Ranu Wibowo, Head of Debt Capital Market PT BCA Sekuritas, menilai kenaikan modal asing tersebut didorong oleh optimisme pasar atas hasil pemilihan presiden.  

?Tapi haruis diwaspadai pembalikan arah (capital outflow) apabila hasil pilpres tidak sesuai,? tuturnya seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, Rabu (21/5).  Menurutnya, pasar masih akan volatil sampai dengan pilpres pada 9 Juli nanti.

Advertisement
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait