Golkar, PPP, dan PAN Sepakat Bersatu Bangun Koalisi untuk Pemilu 2024

Aryo Widhy Wicaksono
13 Mei 2022, 09:15
Suasana konferensi pers Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto,Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri
ANTARA/Putu Indah Savitri
Suasana konferensi pers Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto,Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

Partai Golkar menjajaki koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kerja sama di antara ketiga partai ini dibentuk untuk membangun budaya politik baru.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam.

Advertisement

Menurut Airlangga, kesepakatan ini tidak terbentuk secara spontan. "Budaya politik baru itu dijalankan dengan kerja sama yang berjenjang dan bertahap. Kerja sama ini tidak dilakukan secara terburu-buru, tetapi dari hasil kajian yang mendalam," kata Airlangga dalam konferensi pers usai pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Pada silaturahmi kali ini, turut hadir Bendahara Umum DPP Partai Golkar Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur, serta Majelis Pertimbangan PPP Muhamad Mardiono.

Ketiga ketua umum juga sepakat untuk bekerja sama dalam mengawal agenda-agenda politik ke depan sebagai bagian dari rangkaian Pemilu 2024.

"Pertemuan ini tentu akan mendorong tiga partai ini untuk bekerja sama bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri berarti adalah beringin, matahari, dan Baitullah," ucap Airlangga.

Beringing, matahari, dan Baitullah mengacu kepada lambang masing-masing partai. Airlangga pun berharap kerja sama di antara ketiga partai politik ini dapat mencerminkan persatuan. "Kami akan menegasikan risiko-risiko akibat daripada politik identitas," ucap Airlangga.

Simak juga elektabilitas ketiga partai tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement