Untung Rp 2,8 Triliun, Anggota Panja Puji Investasi Telkom ke GoTo

Aryo Widhy Wicaksono
14 Juni 2022, 19:51
Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade (tengah) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade (tengah) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah membentuk Panitia Kerja (Panja) Investasi BUMN di Perusahaan Digital. Panja terbentuk untuk mendalami permasalahan investasi yang dilakukan perusahaan telekomunikasi milik negara, PT Telkom Indonesia, Tbk. (Telkom) di PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk.

Untuk kebutuhan ini, Panja telah memanggil Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Tbk. (TLKM) Ririek Adriansyah dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulyana Syam.

Salah satu anggota Panja Investasi BUMN DPR RI, Andre Rosiade, mengungkap bagaimana Dirut Telkom memaparkan strategi bisnis dan keuntungan yang diraih Telkom setelah menanamkan investasi di GoTo.

Menurutnya, transformasi dalam tubuh PT Telkom serta sejumlah aksi korporasi yang dilakukan terbukti mampu mendongkrak laba perusahaan.

"PT Telkomsel mendapat untung Rp 2,8 triliun dari pembelian saham, dan Rp 800 miliar dari keuntungan sinergi ekosistem digital," kata Andre usai rapat Panja Investasi BUMN di Gedung DPR, Selasa (14/6).

Andre menilai, Telkomsel masuk ke bisnis digital dengan cara cerdas. Selain itu, melakukan proses investasi secara benar sehingga memenuhi semua ketentuan, serta melalui proses persetujuan banyak pihak. Termasuk restu dari Singtel, BUMN Singapura, yang menguasai 35% saham Telkomsel.

Keberadaan Telkomsel dan GOTO sebagai perusahaan publik merupakan jaminan bahwa keduanya menjunjung tinggi prinsip tata kelola perusahaan yang benar (good corporate governance/GCG).

"Usulan investasi Telkomsel di GOTO diketuai oleh Direksi yang membawahi bisnis digital dalam hal ini Direktur Planning & Transformation yang merupakan perwakilan dari Singtel. Komite Investasi Telkomsel juga diketuai oleh perwakilan dari SingTel," kata Andre.

Andre memaparkan, bahwa usulan investasi ini tahapannya telah mendapatkan persetujuan seluruh Dewan Direksi melalui mekanisme keputusan kolektif kolegial, dalam rapat Direksi Telkomsel. Selanjutnya, keputusan itu dibawa ke rapat Dewan Komisaris Telkomsel, yang terdiri dari perwakilan Telkom dan Singtel.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama , Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...