Telkom Paparkan Strategi dan Keuntungan Investasi di GoTo

Aryo Widhy Wicaksono
14 Juni 2022, 17:25
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kedua kiri)
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kedua kiri)

Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk mengusut investasi BUMN kepada perusahaan digital. Panja ini bertujuan mendalami permasalahan investasi yang dilakukan perusahaan telekomunikasi milik negara, PT Telkom Indonesia, Tbk. (Telkom) di PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk.

Wakil Ketua Komisi VI DPR, Martin Manurung menjelaskan bahwa pada rapat kerja perdana ini, Panja masih mendengarkan penjelasan dari PT Telkom mengenai proses investasi tersebut.

"Apa yang mendasari mereka berinvestasi di GoTo ada sinergi, bukan hanya sekedar memasukkan investasi," jelas Martin usai rapat kerja Komisi VI DPR, Selasa (14/6).

Sinergi ini juga memberikan beberapa dampak secara bisnis. Salah satunya adalah peningkatan pendapatan melalui penjualan pulsa di Tokopedia.

Menurutnya, Telkomsel juga menjelaskan bahwa di seluruh dunia, perusahaan telekomunikasi yang berinvestasi di perusahaan digital sangat banyak.

Dalam rapat panja, Direktur Utama yang juga CEO Telkom Group, Ririek Adriansyah, memastikan investasi Telkomsel di GoTo sudah sesuai Good Corporate Governance (GCG).

“Saya dan Dirut Telkomsel memberi penjelasan meliputi garis rencana Telkom ke depan, ekspansi, dan sebagainya,” kata Ririek di usai rapat kerja di Komisi VI DPR, Selasa (14/6).

Ririek menyambut baik Anggota Panja DPR yang memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan mengenai investasi tersebut. Dia merasa forum itu dapat menjadi tempat untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkembang mengenai investasi Telkomsel di GoTo.

Kepada Komisi VI, Ririek menegaskan investasi Telkomsel di platform tersebut tidak melibatkan Kementerian BUMN. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa proses, dimulai dengan verifikasi tim, kemudian berlanjut ke rapat direksi Telkomsel, hingga akhirnya sampai di Komisaris Telkomsel.

Dari rapat Komisaris kemudian berlanjut ke para pemegang saham, dalam hal ini Telkom dan Singtel.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla, Syahrizal Sidik
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...