Strategi PLN Atasi Pasokan Berlebih Listrik: 15 Juta Kompor Induksi

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Juni 2022, 21:17
Ilustrasi kompor induksi
PLN
Ilustrasi kompor induksi

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah menggodok program pemasangan 15 juta kompor induksi rumah tangga, sebagai salah satu solusi untuk mengurangi kelebihan pasokan listrik yang tak terserap masyarakat.

"Untuk atasi kondisi oversupply listrik, dengan menargetkan 15 juta penambahan kompor induksi rumah tangga," kata Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (15/6).

Adapun saat ini PLN mengalami kelebihan suplai listrik yang cukup besar. Darmawan menjelaskan, di Jawa dalam satu tahun ke depan akan masuk 6800 Mega Watt (MW). Sementara penambahan permintaan hanya 800 MW.

"Di Sumatera, selama 3 tahun sampai 2025, penambahan permintaan listrik 1,5 GW. Sedangkan penambahan kapasitas 5 GW. Di kalimantan dan Sulawesi bagian selatan juga mengalami itu," ujar Damawan.

Di samping itu, realisasi pengadaan kompor induksi juga akan menurunkan impor liquefied petroleum gas (LPG), yang mencapai 6,24 juta ton pada 2021.

Sebelumnya Darmawan mengatakan bahwa program konversi kompor listrik merupakan strategi energi nasional untuk mengubah energi yang berbasis pada impor, dengan produksi domestik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...