Erick Thohir Perkenalkan Program Kolaborasi BUMN dan NU di Palembang

Image title
Oleh Yanuar
20 Juni 2022, 21:46
Program Kolaborasi BUMN dan NU
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/zk/nym.
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua dari kiri)

Menteri BUMN Erick Thohir memperkenalkan kolaborasi antara perusahaan milik negara dengan Nahdlatul Ulama yang bertujuan untuk membangun ekonomi dalam kerangka ukhuwah bangsa.

"Kita harus menanyakan kepada diri sendiri apa kontribusi untuk bangsa kita? Kita harus bangkitkan ekonomi dan pendidikan. Jangan sampai menjadi kelas dua,” ujar Erick Ketika bersilaturahim dengan ribuan Muslimat NU Se-Kota Palembang di Ponpes Muqimus Sunnah, Minggu (12/60.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang luar biasa yakni 5 persen setiap tahunnya, jangan sampai kita hanya menjadi penonton,” katanya melanjutkan.

Erick mengatakan, sudah terlalu lama bangsa Indonesia dipecah belah. Sumber Daya Alam Indonesia sudah lama diambil oleh bangsa asing.

“Pasar kita pun sudah lama menjadi sumber pertumbuhan ekonomi bangsa lain. Akhirnya kita selalu terjebak pada kesenjangan ekonomi,” ujarnya.

Salah upaya memajukan ekonomi bangsa dilakukan Kementerian BUMN dengan menggandeng PBNU untuk bekerja sama dengan membentuk BUMNU.

“Kami sudah menandatangani 250 kerja sama agar NU mempunyai mesin ekonomi. Nanti akan dibangun pilot project-nya agar bisa ditiru di daerah-daerah sehingga ekonomi warga NU bisa mandiri,” ujar Erick.

Program tersebut dimulai dari pendirian 250 badan usaha. Erick tentu berharap BUMNU yang dimentori oleh BUMN dapat menjadi faktor pendorong perekonomian umat berbasis pesantren, melalui pemberdayaan ekonomi di pesantren-pesantren besar di tanah air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...