Kemlu Dalami Informasi Belasan WNI Tewas di Tahanan Imigrasi Malaysia

Aryo Widhy Wicaksono
28 Juni 2022, 18:11
Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah bersiap untuk turun dari truk Imigresen Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kamis (28/4/2022).
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/tom.
Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah bersiap untuk turun dari truk Imigresen Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kamis (28/4/2022).

Kementerian Luar Negeri RI telah mempelajari laporan Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB), yang menyebutkan adanya belasan warga negara Indonesia (WNI) meninggal dunia di dalam rumah detensi imigrasi Malaysia.

KBMB mengungkapkan data tersebut dalam laporan mereka berjudul "“Seperti di Neraka: Kondisi di Pusat Tahanan Imigrasi di Sabah, Malaysia".

"Kementerian Luar Negeri menghargai KBMB dalam upaya ikut melindungi WNI di luar negeri. Kementerian Luar Negeri memandang serius laporan tersebut dengan segera menindaklanjutinya kepada otoritas dan pihak-pihak terkait," bunyi keterangan resmi Kemlu RI, Selasa (28/6).

Selain itu, Kemlu juga menghubungi KBMB untuk mendapatkan rincian data terkait WNI atau pekerja migran Indonesia yang meninggal, serta para deportan yang mengalami penganiayaan selama berada dalam tahanan di Depot Tahanan Imigresen (DTI) di Sabah.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemlu RI, Judha Nugraha, menjelaskan bahwa pihaknya akan menelusuri seluruh data hasil temuan ini, dan meminta penjelasan resmi dari otoritas Malaysia.

Perwakilan RI di Sabah, yaitu KJRI Kota Kinabalu dan KRI Tawau, rencananya hari ini akan bertemu Pengarah Jabatan Imigresen Negeri Sabah.

"Pertemuan dimaksudkan untuk meminta keterangan dan kejelasan atas temuan KBMB, sebagai upaya Pemerintah Indonesia dalam melindungi WNI atau pekerja migran Indonesia di wilayah Sabah," ujar Judha dalam keterangan resmi.

Menurut data Bank Indonesia (BI) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Malaysia menjadi tujuan utama pekerja migran asal Indonesia pada 2021.

Sekitar 1,62 juta orang atau 50,03% dari total pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...