Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Sampaikan 4 Tuntutan

Aryo Widhy Wicaksono
5 September 2022, 15:45
Ilustrasi. Petugas kepolisian berjaga saat aksi unjuk rasa 21 April di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis (21/4/2022).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Petugas kepolisian berjaga saat aksi unjuk rasa 21 April di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Ratusan orang dari sejumlah elemen masyarakat siang ini menggelar unjuk rasa, menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Pusat demonstrasi rencananya akan dilakukan pada dua titik, yaitu Istana Negara dan kawasan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Beberapa kelompok organisasi mahasiswa terlihat mulai memadati kawasan Patung Kuda atau Patung Arjuna Wijaya. Mereka umumnya berasal dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), serta Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Advertisement

Akibat massa unjuk rasa yang mulai berdatangan, kepolisian pun menutup arus lalu lintas di kawasan Jalan Medan Merdekat Barat, dari depan Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke arah ke Istana Negara. 

Polisi juga memasang barikade berupa kawat berduri di depan Patung Kuda dari depan gedung Sapta Pesona hingga Silang Merdeka Barat Daya.

"Kami tutup sementara arus lalu lintas karena ada unjuk rasa," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi Purwanta di Patung Kuda, Jakarta, Senin (5/9) seperti dikutip Antara.

Selain itu, petugas kepolisian juga menutup sementara kawasan arus lalu lintas ke kawasan Harmoni, Jalan Veteran 1, 2, dan 3.

Untuk itu, arus lalu lintas dari arah Jalan Thamrin dialihkan sementara menuju Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement