Proyek LNG Tangguh Train 3 Capai 99%, Produksi Blue LNG di 2026

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Desember 2022, 15:17
Ilustrasi LNG
123RF.com/Artinun Prekmoung
Ilustrasi LNG

SKK Migas melaporkan progres pembangunan proyek gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni, Papua Barat, telah mencapai 99% selesai.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Mohammad Kemal, menyampaikan kemajuan pembangunan proyek LNG Tangguh Train 3, dibagi ke dalam aspek kegiatan ekplorasi gas di wilayah lepas pantai atau offshore, maupun kegiatan pengembangan kilang di wilayah daratan yang mendekati laut atau onshore.

"Offshore sudah selesai tinggal menunggu proyek onshore selesai," kata Kemal lewat pesan singkat WhatsApp pada Senin (26/12).

Proyek yang nantinya akan dijalankan oleh British Petroleum atau BP ini, memiliki kapasitas produksi 3,8 metrik ton per tahun. Proyek ini dikembangkan berdasarkan persetujuan rencana pengembangan II, dengan nilai investasi dapat mencapai US$ 11 miliar atau setara Rp 159 triliun.

Hasil produksi Train 3 yang ditargetkan rampung Maret 2023, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan gas domestik. Hal ini termasuk untuk kebutuhan pembangkit listrik PT PLN. "Iya kontraknya ke PLN," ujarnya.

Pengembangan proyek Tangguh Train 3 disebut juga meliputi implementasi konsep enhanced gas recovery (EGR) dengan menginjeksikan gas CO2. Gas ini berasal dari tiga train LNG melalui teknologi penangkapan, penggunaan, dan penyimpanan karbon (CCUS) di Lapangan Ubadari pada 2026.

"CCUS akan dibangun bersamaan dengan pengembangan lapangan Ubadari yang diperkirakan akan onstram pada kuartal tiga 2026," kata Kemal.

Blue LNG

Sebelumnya Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan implementasi teknologi CCUS telah dimasukkan dalam rencana pengembangan perusahaan pada 2021. Melalui aplikasi tersebut pada proyek Tangguh Train 3, BP akan menjadi produsen 'Blue LNG' pertama dan terbesar di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...