SKK Migas: Petronas Berpeluang Masuk ke Proyek Abadi LNG Blok Masela

Muhamad Fajar Riyandanu
16 November 2022, 13:35
petronas, blok masela, pertamina, shell
Arief Kamaludin|KATADATA
Petronas dikabarkan tertarik untuk mengambilalih saham 35% milik Shell di proyek Abadi LNG Blok Masela, dengan menggandeng Pertamina.

Perusahaan minyak dan gas nasional Malaysia, Petronas, dikabarkan bakal bekerja sama dengan Pertamina untuk mengambil alih 35% hak partisipasi (participating interest/PI) pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela dari Shell.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR pada Rabu (16/11). "Petronas memungkinkan untuk masuk dan bekerja sama dengan Pertamina dalam pergantian Shell Ini perkembangan terbaru terkait Masela dan Shell," kata Dwi.

Dwi menjelaskan, pengembangan Lapangan Abadi LNG Masela akan dikelola secara bersama lewat pembentukan konsorsium yang terdiri dari dua sampai tiga perusahaan. Konsorsium tersebut akan dipimpin oleh Inpex Corporation sebagai operator sekaligu pemegang saham mayoritas di proyek LNG Masela.

Lebih lanjut, kata Dwi, langkah Pertamina untuk masuk ke dalam proyek Blok Masela kian serius usai perusahaan migas plat merah itu menjanjikan penyelesaian studi data dan lapangan pada bulan November ini.

"Sesuai arahan pemerintah, Pertamina sudah melakukan studi dan dijanjikan laporannya akan disampaikan pada November," ujarnya.

Dwi menjelaskan, alotnya proses divestasi saham Shell sebesar 35% di Blok Masela disebabkan oleh harga gas yang terus melonjak. Selain itu, operator diharuskan mengimplementasikan teknologi penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilizaton and storage (CCUS), yang menaikan nilai investasi proyek.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...