Top News: Harga Pangan Global Melonjak, Proyeksi IHSG Menguat

Aryo Widhy Wicaksono
8 Mei 2023, 06:05
Petugas Satgas Pangan berbincang dengan pedagang saat sidak harga pangan di Pasar Bitingan, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (29/3/2023).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/tom.
Petugas Satgas Pangan berbincang dengan pedagang saat sidak harga pangan di Pasar Bitingan, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (29/3/2023).

Organisasi Pangan dan Pertanian di bawah PBB (FAO) melaporkan adanya kenaikan harga pangan secara global. Kenaikan ini menjadi yang pertama kalinya terjadi pada tahun ini.

Pada laporan tersebut, FAO mengungkapkan kenaikan masih 20% lebih rendah dari rekor tertinggi yang terjadi Maret 2022 ketika Rusia menginvasi Ukraina.

Berita mengenai kenaikan harga pangan secara global ini menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada akhir pekan. Simak juga informasi penting lainnya seperti imbauan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada dokter yang akan menggelar demonstrasi.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Ekonomi Meningkat, Harga Pangan Global Naik pada April 2023

FAO melaporkan kenaikan harga pangan global untuk pertama kalinya dalam setahun, pada April 2023. Meski demikian, harga-harga masih 20% lebih rendah dari rekor tertinggi pada Maret 2022, setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Indeks harga FAO, yang melacak komoditas makanan paling banyak diperdagangkan secara global, rata-rata mencapai 127,2 poin pada April, naik dari 126,5 pada bulan sebelumnya.

“Kenaikan indeks harga April mencerminkan harga yang lebih tinggi untuk gula, daging, dan beras, yang mengimbangi penurunan indeks harga sereal, susu, dan minyak sayur,” kata FAO seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/5).

Kepala ekonom FAO Maximo Torero mengatakan bahwa saat ekonomi pulih dari perlambatan yang signifikan, permintaan akan meningkat. “Ini memberikan tekanan ke atas pada harga pangan,” ujarnya.

2. Kemenkes Minta Dokter Tak Tinggalkan Pasien untuk Demo RUU Kesehatan

Kementerian Kesehatan meminta para dokter dan seluruh tenaga kesehatan, agar tidak meninggalkan layanan terhadap pasien. Imbauan tersebut keluar sehubungan dengan rencana demonstrasi damai pada Senin (8/5) untuk menolak pembahasan Rancangan Undang-undang Kesehatan.

Terdapat lima organisasi profesi di sektor kesehatan, yang memprakarsai demonstrasi tersebut, yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, mengatakan menyuarakan pendapat merupakan hal yang biasa. Namun ia mengingatkan, bahwa partisipasi tenaga kesehatan dalam demonstrasi yang disertai rencana mogok massal dalam melayani pasien, dapat mengorbankan kepentingan masyarakat lebih luas.

3. Kapal Penyeberangan Merak–Bakauheni Terbakar, Api Dari Truk di Kapal

Sebuah kapal penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten - Bakauheni, Lampung, Sabtu (6/5), pukul 15.20 WIB terbakar dan sedang dievakuasi tim Basarnas Banten.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...