Johnny Darmawan Mundur dari Toyota Astra Motor

Image title
Oleh
4 April 2014, 00:00
3316.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Toyota Astra Motor (TAM) menunjuk Hiroyuki Fukui sebagai Presiden Direktur, menggantikan Johnny Darmawan yang mengundurkan diri. Perusahaan afiliasi Astra ini mengincar 40 persen pangsa pasar mobil di Indonesia dalam lima tahun ke depan, naik dari 2013 sebesar 35,3 persen.

Pergantian pucuk pimpinan itu berlaku efektif per 1 April 2014. Keputusan ini diambil dalam rapat umum pemegang saham TAM, perusahaan patungan Grup Astra dan Toyota Motor Corporation (TMC) dengan porsi saham 51 persen dan 49 persen.

Fukui termasuk pejabat strategis di TMC, ia menjabat managing officer. Pria yang masuk TMC pada 1982 ini juga menjadi presiden komisaris PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) unit bisnis strategis TMC di Indonesia.

Sementara itu posisi wakil presiden direktur diisi Suparno Djasmin, sedangkan Rahmat Samulo dan Mamoru Akiyama menjabat direktur pemasaran. Suparno Djasmin merupakan salah satu orang kepercayaan Grup Astra yang kini memimpin Auto2000, dealer terbesar Toyota. Suparno pernah menjadi direktur pemasaran PT Astra Daihatsu Motor dan presiden direktur PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation.

Perubahan manajemen tersebut diharapkan memperkurkuat dominasi Toyota di pasar mobil Indonesia dan pasar global. "Kalau bisa Toyota makin maju, minimal market share 40 persen. Selama ini Toyota selalu market leader, kalau bisa nanti di semua segmen dan daerah," ujar Jonny seperti yang dikutip Investor Daily (4/4).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...