Enam Kampus Terima Hibah 12 Mobil Listrik Toyota Prius untuk Riset

Michael Reily
4 Juli 2018, 16:32
Mobil Listrik Jokowi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto dengan Mobil Listrik karya mahasiswa Institut 10 November.

Toyota bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian memberikan 12 mobil listrik untuk riset pengembangan kendaraan elektrik di Indonesia. Mobil listrik merek Prius diberikan kepada enam perguruan tinggi untuk dibandingkan dengan enam kendaraan konvensional untuk mengejar target 20% produksi dan penjualan Low-Carbon Emission Vehicle (LCEV).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan pendalaman riset selama dua tahun dilakukan untuk mengejar target pemerintah. “Saya harap Agustus sudah ada preliminary result,” kata Airlangga di Jakarta, Rabu (4/7).

Toyota memberikan hibah 12 mobil listrik dengan rincian enam unit Prius hybrid electic vehicle (HEV) dan enam unit Prius Plug-In HEV.  Toyota juga memberikan enam unit Corolla Altis sebagai pembanding riset.

(Baca juga: Mitsubishi Hibahkan 10 Mobil Listrik ke Pemerintah)

Airlangga meminta perguruan tinggi bisa mengembangkan kendaraan bermotor listrik dan komponennya. Contohnya adalah software dan hardware yang berupa baterai, motor listrik, power control unit, sampai sistem charging station.

Riset tersebut memuat lima poin yakni user convenience study; technical characteristic study; overall environment study; industry and social impact study; serta policy and regulation study.

Pada tahap pertama, peneliti dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada akan membandingkan aspek teknikal seperti jarak tempuh, emisi, infrastruktur, dan kenyamanan peanggan di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Caranya dengan pelacakan data dalam penggunaan sehari-hari.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...