Tigerair Mandala Tutup Bulan Depan

Image title
Oleh
19 Juni 2014, 12:02
Tiger_Airways_A320-200(9V-TAM)_(4337493238).jpg
KATADATA/
id.wikipedia.org

KATADATA ? Gonjang-ganjing keterpurukan Tigerair Mandala akhirnya terjawab. Maskapai penerbangan swasta milik Saratoga Investama dan Tiger Airways Holding Ltd asal Singapura ini akan menutup semua rute yang mereka miliki mulai 1 Juli 2014.

Penutupan operasi PT Mandala Airlinesini sudah melalui pertimbangan beberapa faktor. ?Antara lain, kondisi pasar yang sedang turun, serta meningkatnya biaya operasional akibat depresiasi rupiah yang tajam,? ujar Ketua Dewan Komisaris Mandala Airlines Jusman Syafii Djamal, seperti dikutip harian Kontan, Kamis (19/6).

Masalahnya pembengkakan biaya operasional ini tidak diimbangi dengan peningkatan pendapatan. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata maskapai ini sudah merugi sejak April 2012.

Menurut Jusman, di tengah kondisi keuangan yang terpuruk, pemegang saham sulit untuk member dukungan permodalan. ?Dewan direksi melihat bahwa Mandala tidak memiliki sumber daya memadai, untuk melanjutkan kegiatan operasionalnya,? tambah Jusman.

Upaya untuk keluar dari lilitan ekonomi tersebut sebenarnya sudah dilakukan dengan mencari mitra strategis atau pinjaman modal. Hanya saja, langkah tersebut tak kunjung membuahkan hasil.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...