Pertagas dan PGN Siap Jadi Badan Penyangga Gas Nasional

Image title
Oleh
16 April 2015, 10:34
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT PGN siap menjadi badan penyangga gas nasional. Keduanya optimis memiliki kualifikasi yang dibutuhkan sebuah badan penyangga gas.

Presiden Direktur Pertagas Hendra Jaya menyatakan pihaknya memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan badan penyangga gas, utamanya dalam hal jaminan pasokan gas. Selain memiliki lapangan migas sebagai sumber pasokan gas, Pertamina juga mempunyai pengalaman pengaruh mengelola bisnis gas alam cair. Pertamina bahkan saat ini mengoperasikan satu kilang LNG, yakni Kilang badak di Bontang, Kalimantan Timur.

"Jadi kami bisa mengintegrasikan sumber gas baik dari pipa gas hulu maupun energi," kata dia seperti dikutip Investor Daily, Kamis (16/4). 

Hal ini, sebut Hendrajaya, penting dimiliki Badan Penyangga Gas Nasional atau agregator gas yang harus memberikan jaminan pasokan gas dengan harga yang paling bagus untuk konsumen dalam negeri. Pasokan LNG yang bisa dari dalam dan luar negeri membuat agregator gas tidak akan kekurangan pasokan gas. Sementara pasokan gas dari pipa hulu menjaga harga tetap terjangkau.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...