Juli, Kilang Donggi Senoro Kirimkan LNG

Image title
Oleh
11 Mei 2015, 08:06
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Kilang gas alam cair (liquiefied natural gas/LNG) Donggi Senoro akan mulai mengapalkan kargo pertama pada Juli ini. Saat ini, kilang baru mulai beroperasi.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan kilang LNG Donggi Senoro sudah mulai beroperasi dan siap menerima gas dari Blok Senoro Toili. "Kami targetkan pertengahan Juli sudah mukai comissioning dan kalau tidak salah 17 Juli mulai shipment (pengapalan)," kata dia seperti dikutip Investor Daily, Senin (11/5).

Kilang LNG Donggi Senoro memperoleh pasokan gas dari Joint Operating Body Pertamina Medco Tomori Sulawesi (JOB PMTS) dan Proyek Pengembangan Gas Matindok (PPGM). Pasokan gas dari Blok Senoro Toili akan mengalir lebih dulu sebesar 250 juta kaki kubik per hari (milion standar cubic feet per day/mmscfd), kemudian disusul dari Matindok pada akhir tahun ini 80 mmscfd.

"Kalau tidak salah, Matindok akan masuk Oktober 2015. Rencanya pengembangannya memang begitu, Senoro dulu," ujar dia,

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Medco Energi Internasional Lukman Mahfoedz membenarkan bahwa gas dari Blok Senoro sudah mengalir ke Kilang LNG Donggi Senoro. Namun, untuk jadwal beroperasi kilang tersebut, pihaknya belum bisa memastikan.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...