Konsultan Belum Ditunjuk, ESDM Optimistis Keputusan Blok Masela Sesuai Jadwal

Safrezi Fitra
6 November 2015, 11:43
IGN Wiratmaja
Arief Kamaludin|KATADATA
IGN Wiratmaja

KATADATA - 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih belum menunjuk konsultan independen untuk melakukan kajian Blok Masela. Meski begitu, mereka tetap menargetkan keputusan mengenai rencana pengembangan (plan of development/PoD) Blok Masela akan selesai akhir tahun ini.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan pihaknya masih mengevaluasi konsultan yang mampu mengkaji pengembangan Blok Masela secara kuantitatif. Sehingga kementerian bisa mendapat skenario produksi yang paling tepat untuk blok migas tersebut, apakah menggunakan fasilitas kilang terapung (FLNG) atau skema pipa di darat.

(Baca: Enam Perusahaan Global Berebut Jadi Konsultan Blok Masela)

“Masela saat ini statusnya sedang evaluasi konsultan yang world class untuk review dan kajian. Hasilnya dapat menentukan letak terbaik kilang LNG Masela,” kata Wiratmaja dalam keterangannya di situs resmi Kementerian ESDM, kemarin.

Konsultan ini akan mengkaji dengan tingkat kedalaman yang sama antara skema kilang di darat dengan di laut. Hasil kajian ini diharapkan bisa menyelesaikan polemik yang sedang terjadi terkait pengembangan Blok Masela. (Baca: Rizal vs Amien di Blok Masela)

Halaman:
Reporter: Manal Musytaqo
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...