Menteri Darmin Optimistis Ekonomi Semester I Tumbuh 5 Persen

Desy Setyowati
11 Juli 2016, 18:00
Pertumbuhan Ekonomi
Donang Wahyu|KATADATA

Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada semester I tahun ini bisa mencapai lima persen. Dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi sebesar 4,92 persen pada kuartal I lalu maka pada kuartal II-2016 perekonomian seharusnya tumbuh sekitar 5-5,1 persen.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution optimistis ekonomi pada semester I-2016 berpotensi tumbuh hingga lima persen. Meskipun ekonomi pada kuartal I lalu tumbuh di bawah lima persen, dia yakin pada kuartal II kondisinya lebih baik karena beberapa faktor.

Pertama, musim panen yang bergeser dari biasanya bulan April menjadi Mei pada tahun ini. Dengan begitu, mendorong pertumbuhan sektor pertanian, yang pada kuartal sebelumnya hanya tumbuh 1,89 persen.

Kedua, pembangunan infrastruktur juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi investasi oleh pemerintah. Ketiga, 12 paket kebijakan ekonomi yang memuat banyak deregulasi diyakini sudah berpengaruh untuk mendorong masuknya investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI). Meskipun baru 96 persen aturan turunannya yang selesai dikaji dan dievaluasi.

“Walau perdagangan dunia masih terus merosot, termasuk ekspor impor Indonesia dan berdampak ke penghasilan, menarik (pertumbuhan ekonomi) ke bawah. Tapi di lain pihak, kami membangun infrastruktur, deregulasi, itu akan mendorong (ekonomi) ke atas,” kata Darmin di Jakarta, Senin (11/7).

(Baca: Setujui APBN-P 2016, DPR Pesimistis Ekonomi Tumbuh 5,2 Persen)

Keempat, dari sisi konsumsi juga diperkirakan akan meningkat terutama dipicu oleh momen bulan puasa.

Selain itu, Darmin berpandangan sebagian dampak dari arus mudik akan berpengaruh terhadap perekonomian kuartal II meskipun hanya beberapa hari dipengujung Juni lalu.

Alasannya, industri juga sudah mempersiapkan pasokan sejak jauh-jauh hari sebelum Lebaran.”Lebaran sudah masuk bulan Juli, berarti masuk kuartal III. Jadi walaupun data pertumbuhan kuartal II keluar Agustus, tapi dia tidak akan terpengaruh banyak.”

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...