Pemerintah Dorong Percepatan Produksi Lapangan Merakes Milik Eni

Anggita Rezki Amelia
11 Agustus 2016, 20:01
Migas
Katadata | Dok.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong percepatan pengembangan Lapangan Merakes di Blok East Sepinggan, Kalimantan Timur. Sebab, meski sudah ditemukan gas sejak 2014, lapangan milik perusahaan migas asal Italia, Eni, ini belum juga berproduksi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan dengan harga minyak dunia yang masih rendah, sekitar US$ 40 per barel, lapangan itu belum menguntungkan untuk berproduksi. Apalagi secara geografis terletak di laut dalam. “Hitungannya belum ekonomis,” kata Wirat saat ditemui di Kementerian Energi, Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2016.

Tapi, menurut Wirat, lapangan tersebut memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Dikutip dari website resmi ENI, dari hasil studi pengeboran menunjukkan adanya peningkatan potensi gas di Merakes dari 1,3 triliun kaki kubik (TCF) menjadi 2 TCF. 

Kementerian Energi masih membahas target jadwal lapangan itu berproduksi. Yang jelas, kata Wirat, saat ini sedang mengkaji beberapa opsi agar lapangan tersebut menjadi ekonomis. (Baca: Percepat Proyek, Menteri ESDM Panggil Bos Perusahaan Migas).

Misalnya, pemerintah merancang regulasi terkait insentif untuk pengembangan laut dalam. Peraturan Presiden ini ditargetkan selesai akhir 2016. Saat ini. Kementerian Energi masih mengumpulkan masukan dari berbagai pihak mengenai insentif yang cocok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...