Jonan Pesimistis Target Proyek Listrik 35 Ribu MW Tercapai

Anggita Rezki Amelia
27 Oktober 2016, 16:12
Pelantikan Jonan & AT
Intan|Biro Pers Setpres

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pesimistis megaproyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW) bisa selesai tepat waktu tahun 2019 sesuai keinginan Presiden Joko Widodo. Apalagi, saat ini pembanglit listrik yang sudah beroperasi baru satu persen.

Jonan mengaku telah menghadap Presiden untuk membahas perkembangan program pembngkit listrik 35 ribu MW pada Selasa (25/10) lalu. Dalam pertemuan tersebut, Presiden menanyakan peluang pencapaian target proyek tersebut. “Saya bilang under (di bawah) 18 ribu MW. (Selesai) separuh kalau dalam lima tahun, itu sudah lumayan,” kata Jonan dalam acara coffee morning dengan Masyarakat Kelistrikan Nasional (MKI) di Jakarta, Kamis (27/10).

(Baca: 51 Persen Proyek Listrik 35 Ribu MW Masih Belum Berkontrak)

Sebagai gambaran, total proyek listrik yang sudah berkontrak saat ini sebanyak 17.492 MW atau 49 persen dari jumlah 35 ribu MW. Perinciannya, sebanyak 24 persen dalam tahap konstruksi dan 24 persen belum memulai konstruksi. Adapun yang sudah rampung dan beroperasi secara komersial baru 1 persen alias sebesar 164 MW.

Grafik: Kemajuan Proyek 35 Ribu MW Tahap Konstruksi Menurut Wilayah (data September 2016)

Dalam kesempatan itu, Jonan juga menyampaikan beberapa permasalahan di sektor kelistrikan. Salah satunya adalah masalah perizinan yang tergolong lama. Bahkan, ada satu perusahaan yang sudah dua tahun belum juga mengantongi izin.

Karena itu, Jonan meminta Direktur Jenderal Ketenagalistrikan mempercepat proses perizinan. “Tolong jangan terlalu lama, karena Presiden bicara perizinan itu harus dipangkas. Beliau sudut pandangnya dari dunia usaha,” ujar Jonan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...