Pengaruhi Ekonomi 2017, Sri Mulyani Pantau Prancis dan Jerman

Ameidyo Daud Nasution
28 November 2016, 15:01
Sri Mulyani
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai perekonomian Indonesia pada tahun depan akan lebih besar dipengaruhi oleh faktor eksternal dari luar negeri. Selain risiko perlambatan ekonomi dunia, dia menyoroti proses politik di Eropa, khususnya di Jerman dan Prancis, dapat mempengaruhi ekonomi Indonesia.

Pada 2017, Jerman dan Prancis akan melangsungkan pemilihan umum yang berpotensi mengubah peta kebijakan pemerintahan di masing-masing negara. Apalagi, belakangan ini, merebak semangat nasionalisme dan proteksionisme di Eropa termasuk Amerika Serikat (AS), seperti terpilihnya Donald Trump sebagai presiden baru.

(Baca: Sri Mulyani: Hasutan dan Sinisme Hambat Perekonomian)

Menurut Sri Mulyani, pemilu Jerman dan Prancis berpotensi mendatangkan risiko bagi perekonomian dunia dan Indonesia tahun depan. Sebab, kedua negara tersebut merupakan tulang punggung perekonomian Uni Eropa. Selain itu, kedua negara tersebut merupakan mitra dagang banyak negara di dunia.

"Karena apapun (hasil pemilu di Jerman dan Prancis), hal ini akan mempengaruhi policy (ekonomi) kedua negara tersebut," katanya di Sentul, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Di sisi lain, ekonomi Eropa masih dilanda tren perlambatan sejak krisis tahun 2008. Sri Mulyani mengatakan, beberapa lembaga keuangan internasional seperti Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi Uni Eropa tahun 2017 hanya 1,5 persen. 

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Cina pada tahun depan diramal hanya 6,5 persen. Ketidakpastian juga masih terlihat kepada kebijakan ekonomi Presiden AS terpilih yakni Donald Trump. Meskipun saat ini Trump berkomitmen memacu investasi, pasar masih mengkhawatirkan kebijakan perdagangan internasionalnya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...