Dua Tahun, Target Proyek Air Minum Umbulan di Jawa Timur

Image title
22 Desember 2016, 19:00
Air bersih
Donang Wahyu|KATADATA

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan ditargetkan beroperasi pada awal 2019 atau lebih cepat dari rencana semula, yakni Juli 2019. “Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan mudah-mudahan bisa selesai 6 bulan lebih cepat,”kata Direktur Infrastruktur Sumber Daya Air, Mohammad Zainal Fatah, di Jakarta (22/12/2016).

Zainal menyatakan, SPAM Umbulan merupakan satu dari 225 Proyek Strategis Nasional (PSN). Saat beroperasi, SPAM Umbulan bakal memasok air minum untuk Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, serta Kabupaten Gresik

Proyek senilai Rp 4 triliun ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Dan Badan Usaha (KPBU). Adapun  badan usaha pemenang lelang menanggung Rp 1,2 triliun. Sementara dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) serta Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 2 Triliun. Sisanya sebesar Rp 818 miliar akan berasal dari dana dukungan pemerintah pusat.

(Baca juga: Pemerintah Targetkan Seluruh Masyarakat Terakses Air Minum di 2019)

Sementara untuk skemanya menggunakan Built Operate Transfer (BOT), dengan masa konsesi selama 25 tahun. Meliputi pekerjaan desain, konstruksi, operasi, pemeliharaan, pembiayaan sarana pengelolaan dan jaringan transmisi berkapasitas 4.000 per detik.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...