Kantongi Rp 840 Miliar, Proyek Air Umbulan Mulai Dibangun 2017

Image title
30 Desember 2016, 18:03
Air
ANTARA FOTO/Rahmad

Rencana pemerintah membangun Sistem Penyediaan Air Minun (SPAM) Umbulan di Jawa Timur, akhirnya segera terwujud. Proyek mangkrak sejak 43 tahun yang kini masuk dalam Proyek Stretegis Nasional ini berhasil mencapai kesepakatan finalisasi pembiayaan.

Dua lembaga keuangan negara, yaitu PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), menandatangani perjanjian pembiayaan sindikasi SPAM Umbulan senilai Rp 840 miliar pada Jumat ini (30/12). Dalam sindikasi ini, IIF menjadi mandated lead arranger dan bookrunner (MLAB) dengan pembiayaan sebesar Rp 550 miliar. 

Advertisement

“Dengan pembiayaan ini Proyek (SPAM) Umbulan tahun 2017 sudah bisa go!” ujar Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, saat penandatanganan perjanjian sindikasi pembiayaan tersebut di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat (30/12). Acara ini turut disaksikan Menko Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

(Baca: Dua Tahun, Target Proyek Air Minum Umbulan di Jawa Timur)

Selain dari dua lembaga keuangan tersebut, pemerintah pusat juga memberikan dukungannya terhadap proyek yang menelan investasi Rp 2,3 triliun ini. Dukungan itu berupa dana dukungan kelayakan proyek (Viability Gap Fund/VGF) sebesar Rp 818 miliar. Ada pula penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Seperti diketahui proyek SPAM Umbulan dikategorikan oleh Komite Perceoatan Infrastruktur Pengiriman (KPPIP) sebagai Proyek Strategis Nasional Dipercepat lewat peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Proyek ini ditargetkan beroperasi pada awal 2019 dengan nilai investasi sebesad Rp 2,3 triliun.

SPAM Umbulan adalah proyek pertama di sektor air yang mendapatkan dukungan pemerintah dalam bentuk VGF. Proyek ini sebenarnya telah direncanakan sejak 43 tahun lalu. Tapi baru pada 2010 ditetapkan Bappenas dan Kementerian Pekerjaan Umum sebagai salah satu proyek dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dan benar-benar berjalan efektif perencanaan pengerjaannya sejak 2015 lalu.

(Baca: Tertunda 43 Tahun, Proyek Air Minum Umbulan Siap Dibangun)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement