Pemerintah Siapkan Prototipe Mobil Pedesaan Seharga Rp 60 Jutaan

Pingit Aria
6 Februari 2017, 15:32
Prototipe mesin mobil
Arief Kamaludin|Katadata

Kementerian Perindustrian tengah membangun prototipe kendaraan niaga multiguna yang ditargetkan rampung pada pada Agustus 2017. Kendaraan ini diharapkan dapat memudahkan aktivitas masyarakat pedesaan karena berfungsi sebagai alat angkut hasil pertanian dan perkebunan.

“Kendaraan pedesaan adalah wujud kemandirian industri nasional karena 100 persen komponennya dari dalam negeri,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Senin, 6 Februari 2017.

Advertisement

Airlangga menyatakan, pembangunan prototipe mobil pedesaan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan petani terhadap alat angkut yang laik jalan. “Jadi mobil ini didesain pergerakannya four wheel drive dan modelnya seperti pickup, roda empat dan bagian belakangnya bisa diubah-ubah sesuai aktivitasnya sehinggabisa membawa alat atau hasil pertanian,” paparnya.

(Baca juga: Turun pada 2016, Ekspor Mobil Tahun Ini Ditargetkan Tumbuh 7 Persen)

Untuk variannya, kata Airlangga, akan mengikuti kontur pedesaan masing-masing. “Sekarang sudah ada lima prototipe, sudah tes jalan 100 ribu kilometer, sudah uji emisi dan hasil nya lulus. Tetapi kami masih perbaiki desain dan kelengkapan dari kelima prototipe tersebut,” tuturnya.

Airlangga menjelaskan, pemerintah akan membuka kesempatan kepada siapapun yang ingin memproduksi prototipe mobil desa yang akan dibanderol sekitar Rp 60 juta per unit itu.  “Rp 60 juta itu basis produk, nanti tinggal ditambah aksesorisnya. Desain yang dilakukan Kemenperin ini sifatnya open source, jadi produksi bisa di berbagai tempat termasuk di bengkel-bengkel desa,” katanya.

Grafik: 10 Mobil Terlaris Periode Januari-November 2016
10 Mobil Terlaris Periode Januari-November 2016

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement