Pelaksanaan Distribusi Tertutup Elpiji Molor

Anggita Rezki Amelia
2 Maret 2017, 11:32
Elpiji subsidi
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hingga kini belum bisa melaksanakan program penyaluran Elpiji bersubsidi tiga kilogram secara tertutup. Padahal target awalnya, pelaksanaan distribusi tertutup ini bisa mulai Maret 2017.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan penyebab mundurnya rencana itu karena infrastruktur pendukungnya belum tersedia. Pemerintah masih menyiapkan pengadaan mesin pembayaran, pendataan masyarakat yang berhak mendapat subsidi, dan melakukan kerja sama dengan perbankan nasional untuk menerbitkan kartu non tunai.

(Baca: Distribusi Tertutup, Subsidi Elpiji Tinggal Rp 15 Triliun)

Kartu untuk distribusi tertutup ini nantinya akan terintegrasi dengan layanan bantuan dari Kementerian Sosial seperti fasilitas subsidi beras miskin. Sehingga dengan satu kartu, masyarakat bisa menikmati fasilitas elpiji dan beras miskin.

Saat ini ada empat pulau yang telah diindentifikasi pemerintah dan siap untuk diterapkan distribusi Elpiji tertutup, yakni  Pulau Bangka, Pulau Batam, Lombok dan Bali. Namun penerapannya tidak serentak di empat pulau itu karena pemerintah akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan menyebarkan kartu subsidi secara merata kepada masyarakat yang berhak.

"Jadi tidak langsung implementasi. Setelah infrastruktur siap baru bisa diimplementasikan," kata dia di Jakarta, Rabu (1/3). (Baca: Beli Elpiji Subsidi 3 Kilo Wajib Pakai Kartu Kementerian Sosial)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...