Produsen Sawit Siap Pasok 1 Juta Ton Minyak Goreng Murah

Pingit Aria
18 April 2017, 17:17
Minyak Goreng
Katadata | Agung Samosir

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta podusen memasok 1 juta ton minyak goreng murah untuk masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng dapat berjalan.

Menurut Enggar, saat ini harga minyak goreng sudah mulai turun, namun belum mencapai harga yang ditetapkan pemerintah. “Saya minta pemilik perkebunan sawit dan produsen minyak goreng ikut menjaga kesepakatan harga minyak goreng curah yang telah ditetapkan pemerintah," kata Enggar, Selasa (18/4).

Advertisement

Enggar pun telah menyampaikan permintaannya secara langsung pada para pengusaha sawit di kantor Kementerian Perdagangan, Senin (17/4) kemarin. Dalam pertemuan itu, turut hadir sejumlah CEO perusahaan produsen minyak goreng seperti Franky Widjaja dari Sinar Mas, Fransiskus Welirang dari Indofood, Peter Sondakh dari Rajawali, dan perwakilan perusahaan sawit lainnya seperti Asian Agri, Wilmar, Astra Agro Lestari, serta Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit.

(Baca juga:  Stok Beras, Gula, Minyak Goreng dan Daging Dijamin Aman Hingga Lebaran)

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah menetapkan HET minyak goreng sebesar Rp 11 ribu per liter untuk kemasan sederhana dan Rp10.500 per liter untuk curah.

Sejak ditetapkannya HET, harga rata-rata nasional minyak goreng curah per 13 April sebesar Rp 11.512 per liter atau turun 3,37 persen dari harga rata-rata nasional Maret yang mencapai Rp 11.914 per liter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement