Wimboh Akan Fokus Efisiensi Anggaran dan Operasional OJK

Miftah Ardhian
9 Juni 2017, 18:07
Wimboh Santoso
Antara
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam bincang bersama media di Plaza Mandiri, Jumat (9/6). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih periode tahun 2017-2022 Wimboh Santoso akan berfokus untuk melakukan efisiensi. Sebab, ia menilai lembaga yang akan dipimpinnya itu belum efisien.

"Dari informasi yang ada, anggaran perlu lebih efisien. Kami akan lihat mana yang prioritas," ujar Wimboh saat konferensi pers di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (9/6).

Wimboh menjelaskan, efisiensi ini akan berfokus di segala bidang, utamanya di operasional OJK. Ia akan menfokuskan penggunaan anggaran untuk kegiatan prioritas yang berkaitan dengan pengaturan dan pengawasan industri jasa keuangan. Sedangkan, kegiatan-kegiatan yang bersifat penunjang seperti seminar dan dinas luar negeri akan disaring lebih ketat.

(Baca juga: Dinilai Punya Tiga Keunggulan, Wimboh Terpilih Jadi Bos Baru OJK)

Selain itu, efisiensi ini juga akan dilakukan terkait dengan sumber daya yang ada. Dirinya menginginkan sumber daya tersebut, terutama manusianya bisa dioptimalkan untuk mendukung kinerja OJK yang lebih baik. Dengan demikian, biaya yang akan dikeluarkan instansinya dapat ditekan.

Meskipun demikian, Wimboh masih belum mengetahui, apakah efisiensi yang dilakukannya akan berpengaruh terhadap iuran yang diberikan oleh industri jasa keuangan untuk menunjang kinerja OJK. Alasannya, dirinya masih 'orang luar' yang tidak mengetahui berapa besar iuran yang dibebankan.

Yang jelas, dirinya memastikan, iuran tersebut akan betul-betul digunakan untuk mencapai visi dan misi dari OJK. "Mudah-mudahan (iuran industri jasa keuangan ke OJK) bisa lebih murah," ujar Wimboh.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...