Mulai 2040, Perancis Larang Kendaraan Pakai Bensin dan Diesel

Arnold Sirait
7 Juli 2017, 19:03
Target Pendapatan Parkir
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Seorang warga melintas di antara mobil yang diparkir di Jakarta, Kamis (16/3).

Perancis berencana melarang kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel tahun 2040 nanti. Menurut Menteri Lingkungan Perancis Nicolas Hulot, kebijakan ini sesuai dengan rencana Presiden Emmanuel Macron yang menginginkan negara tersebut bebas karbon tahun 2050. Hal ini juga bagian dari komitmen Perjanjian Iklim Paris.

Hulot mengatakan, Pemerintah Perancis ingin mempertahankan kepemimpinannya dalam kebijakan perubahan iklim. “Kami ingin menunjukkan bahwa memerangi perubahan iklim dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Perancis," kata dia dikutip dari Independent, Jumat (7/7).

Ia tak menampik jika larangan tersebut akan memukul produsen mobil di Perancis. Namun, dia menjanjikan pemerintah telah menyiapkan kebijakan untuk mengantisipasi itu. (Baca: Melihat Mobil Pilihan James Bond)

Agar rencana tersebut berjalan mulus, rumah tangga miskin nantinya dapat menukarkan kendaraannya dengan yang lebih ramah lingkungan. Kebijakan tersebut disampaikan setelah Volvo, perusahaan otomotif asal Swedia, mengatakan kalau pihaknya berencana hanya membuat kendaraan listrik dan hibrida di tahun 2019.

Sebenarnya Perancis bukan satu-satunya negara yang melarang mobil bertenaga bakar bensin dan diesel. Belanda dan Norwegia sebelumnya ingin menyingkirkan kendaraan jenis tersebut  tahun 2025. Sementara Jerman dan India mengumumkan rencana serupa akan diterapkan tahun 2030.

Pemerintah Perancis juga akan berhenti menggunakan batubara sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik mulai tahun 2022. Kebijakan ini diperkirakan akan meningkatkan efisiensi hingga 4 miliar euro.

Selain itu, Hulot  mengumumkan rencana penghentian impor kelapa sawit dan kedelai yang tidak ramah lingkungan. Terlebih lagi yang berkontribusi terhadap deforestasi di seluruh dunia dan khususnya di Hutan Amazon, Asia Tenggara dan Kongo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...