Kilang Balongan Berhasil Produksi BBM Euro 4

Anggita Rezki Amelia
24 Juli 2017, 09:59
Kilang Balongan
Katadata

Kilang PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan berhasil memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax dan Pertamax Turbo dengan standar emisi Euro 4. BBM jenis ini memiliki kadar sulfur yang lebih rendah sehingga diklaim ramah lingkungan.

Direktur Pengolahan Pertamina Toharso mengatakan produksi BBM standar Euro 4 ini merupakan penerapan dari peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Peraturan No. P.20/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2017 memang mewajibkan seluruh kendaraan menggunakan BBM berkadar sulfur maksimal 50 ppm secara bertahap mulai tahun depan.  

Advertisement

(Baca: Aturan Terbit, Kendaraan Wajib Pakai BBM Euro 4 Tahun Depan)

Komponen campuran dalam memproduksi Pertamax Turbo standar Euro 4 terdiri dari Polygasoline ex Unit 20 (Catalytic Condensation Unit) sebesar 42%, Higher Order Modes Cluster (HOMC) dari kilang langit biru balongan (KLBB) 33%, dan Residue Catalytic Cracker Naphta (RCC) 25%. Kemampuan produksinya mencapai 60.000 barel per bulan.

Sedangkan komponen campuran Pertamax 92 berkadar sulfur rendah adalah RCC Naptha 44% dan HOMC dari KLBB sebesar 56% dengan kemampuan produksi kurang lebih 700.000 per bulan. Selain itu juga  pemenuhan komitmen Premium kurang lebih 1300 MB.

Produksi dan penyaluran Pertamax Turbo dan Pertamax Euro berkadar sulfur rendah ini menggunakan sarana dan fasilitas yang sudah ada. Salah satu di antaranya adalah menggunakan tanki transfer 42T202B untuk Pertamax Turbo , sementara Pertamax menggunakan 42T301FGH.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement