Cari Cadangan Migas, Pertamina Bor Sumur di Lepas Pantai Utara Jabar

Anggita Rezki Amelia
28 Juli 2017, 12:15
Pekerja migas
Dok. ExxonMobil

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Abar akan mulai mengebor sumur eksplorasi Karunia 1X di lepas pantai utara Jawa Barat. Pengeboran ini merupakan langkah anak usaha PT Pertamina (Persero) mencari cadangan minyak dan gas bumi (migas) di tengah masih rendahnya harga minyak dunia.

Sumur eksplorasi tersebut masuk dalam Blok Abar yang sudah dikelola PHE sejak 22 Mei 2015. Menurut General Manager PHE Abar Theodorus Duma blok ini membentang di lepas pantai Jawa Barat, dari wilayah Jakarta hingga Subang.

(Baca: Pertamina Hulu Energi Cari Cadangan Migas Baru)

Secara geografis, letak Blok Abar berdekatan dengan Blok Offshore North West Java (ONWJ). Luasnya mencapai sekitar 8.000 kilometer (km) persegi.

Pengeboran ini juga merupakan komitmen pasti dari PHE untuk mengoptimalkan kinerja dalam tiga tahun pertama masa eksplorasi. “Komitmen pasti tersebut terdiri dari pekerjaan G & G , akuisisi dan processing seismic 2 D, dan pemboran satu sumur eksplorasi,” kata Theodorus dikutip berdasarkan keterangan resminya, Jumat (28/7).

Selain pengeboran, PHE Abar juga telah mewujudkan beberapa komitmen pastinya. Selama tahun 2015 hingga 2017, PHE Abar telah menyelesaikan studi G & G dan survei laut seismik dua dimensi (2D) sepanjang 1.990 km.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...