Faisal Basri: Pemerintah Jangan Fokus Atur Harga Pangan Murah

Michael Reily
8 Agustus 2017, 13:11
Faisal Basri KATADATA|Agung Samosir
Faisal Basri KATADATA|Agung Samosir
Faisal Basri

Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri mengkritik pemerintah yang dianggap terlalu fokus menentukan harga pangan yang dijual ke masyarakat. Kritikan Faisal terkait dengan pengaturan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang sedang dibahas oleh Kementerian Perdagangan.

"Pemerintah terlalu berfokus di hilir, yang penting harga murah," kata Faisal di Puri Denpasar Hotel, Jakarta, Selasa (8/8).

Advertisement

Faisal mengatakan harga seharusnya mengikuti tingkat permintaan dan penawaran. Penekanan harga malah akan berakibat pada lesunya penjualan dan akan mematikan produksi.

Dia mengatakan, pemerintah seharusnya mengutamakan peningkatan produksi dan fokus di hulu industri. Peningkatan produksi, sambungnya, akan menyelesaikan masalah disparitas harga.

(Baca juga:  Aturan Harga Eceran Ditunda, Pasokan Beras Kembali Lancar)

Faisal mencontohkan, petani mengeluarkan biaya sewa lahan yang mencapai sebesar 42% dari pengeluaran produksi keseluruhan. Dia menyebutkan, pemerintah seharusnya meningkatkan mekanisasi untuk menggenjot produktivitas.

Faisal menyebut angka kemiskinan di desa diakibatkan oleh kontribusi beras sebanyak 26,46% dan di kota sebanyak 20,11%. "Cara paling efektif untuk mengentaskan kemiskinan adalah instrumen beras," kata dia.

Dia mengatakan beras adalah komoditas yang sangat sedikit diperdagangkan di dunia. Perbandingan ekspor beras dan konsumsi beras dalam negeri hanya 3-4%. Sehingga kekurangan produksi beras akan berakibat sangat fatal.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement