Kemenhub Hanya Danai 30-40% Proyek Infrastruktur Transportasi

Dimas Jarot Bayu
22 Agustus 2017, 16:41
Proyek LRT
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Deretan tiang konstruksi proyek kereta ringan LRT rute Cawang-Cibubur di samping jalan tol Jagorawi, Rabu (15/3/2017).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan anggaran kementerian yang dipimpinnya dalam Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 menjadi sebesar sebesar Rp 48,2 triliun. Jumlah ini naik 18% dari APBN-P 2017 yang sebesar Rp 40,8 triliun.

Meskipun mengalami kenaikan, Budi mengatakan anggaran tersebut hanya mampu membiayai 30-40% dari berbagai proyek infrastruktur transportasi 2018.

(Infografik: Pembangunan Infrastruktur Masih Prioritas Jokowi)

Budi mengatakan dengan dana pemerintah yang terbatas, berharap pihak swasta berpartisipasi dalam pembangunan proyek. Pihak swasta, katanya, dapat ikut berpartisipasi dalam proyek infrastruktur melalui mekanisme public-private partnership (PPP).

"Yang jelas bahwasanya satu keinginan kami meningkatkan partisipasi swasta dengan PPP project. Itu enggak ada pilihan karena kalau dari kalkulasi kemampuan pemerintah ini cuma 30-40% dari rencana yang ingin dibangun," kata Budi di Jakarta, Selasa (22/8). 

Budi menuturkan pada 2018 terdapat beberapa proyek infrastruktur proyek besar yang akan mulai dibangun. Proyek infrastruktur di sektor kereta api di antaranya Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan Kereta Api Maros-Pare-pare.

Lalu di sektor perhubungan udara, pemerintah akan membangun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, pengembangan Bandara Hadinotonegoro di Jember, dan pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...