Bertemu Jepang, Jokowi Ingin Kereta Jakarta – Surabaya Lebih Kencang

Ameidyo Daud Nasution
5 September 2017, 16:58
No image

Pemerintah ingin laju kereta semicepat Jakarta – Surabaya ditingkatkan hingga 160 kilometer per jam. Sebelumnya, pihak Jepang sebagai pembuat studi kelayakan mengajukan preferensi kecepatan 120 kilometer per jam.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan utusan khusus Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yakni Hiroto Izumi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Advertisement

"Jadi tidak perlu high speed tapi di atas 160 kilometer per jam," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai pertemuan, Selasa (5/9).

Ia menjelaskan, dengan kecepatan 160 kilometer per jam, maka perjalanan Jakarta – Surabaya, termasuk pemberhentian di beberapa stasiun, dapat ditempuh dengan waktu maksimal 5 jam. Dengan singkatnya waktu tempuh, jumlah perjalanan harian dan kapasitas penumpang pun dapat ditambah.

(Baca juga:  Jokowi Prioritaskan Jepang Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta–Surabaya)

Sementara, dengan kecepatan 120 kilometer, jarak antara Jakarta – Surabaya yang mencapai 662 kilometer membutuhkan waktu tempuh 5,5 jam non-stop. “Karena kalau 120 kilometer per jam terlalu tanggung untuk mengejar kapasitas yang kami inginkan,” katanya.

Selain itu, pemerintah juga membuka kemungkinan jalur kereta ini akan melalui kawasan baru, di luar jaringan rel yang sudah ada. Sebab, di sepanjang perlintasan yang ada saat ini sudah terlalu padat penduduk.

Budi menyatakan, wacana ini akan dimatangkan oleh The Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). “Memang ada indikasi kalo di jalur existing itu komplikasinya lebih banyak. Kami memang berpikir untuk punya alternatif di jalur yang non-existing,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement