Emtek Kembangkan BBM Messenger, Gandeng Alipay untuk E-Money

Image title
Oleh Yudi S.A.
13 September 2017, 11:01
BlackBerry
Katadata

Indonesia pernah menjadi pangsa pasar yang sangat besar bagi ponsel BlackBerry beberapa tahun lalu. Oleh karena itu, raksasa media yang berkantor pusat di Jakarta, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) menaruh banyak harapan pada BlackBerry Messenger (BBM) dan siap menggelontorkan investasi secara signifikan untuk mengembangkan perangkat pesan singkat.

Emtek menanamkan lebih banyak uang dalam pengembangan BBM untuk menyediakan layanan yang lebih dari sekadar aplikasi pesan kepada para pengguna, seiring langkah integrasi yang dilakukan Emtek dengan produk-produk lainnya, termasuk program TV gratis, portal berita daring Liputan6.com, serta Bukalapak sebagai market place. Emtek pun akan memasukkan fitur permainan, streaming video, serta konten lain ke BBM. (Baca: BlackBerry Gandeng Emtek untuk Konten Digital Ekslusif)

"Dalam BBM, kami tidak hanya menyediakan aplikasi pesan, tapi kami juga mengadopsi model bisnis WeChat, dengan layanan satu tempat untuk berbagai penawaran,” kata Sutanto Hartono, Chief Operating Officer Emtek Sutanto Hartono dalam sebuah forum yang baru-baru ini dihadiri oleh CEO dan pejabat C-Level lainnya di Jakarta.

Indonesia memiliki lebih dari 100 juta pengguna internet, dan menarik perusahaan seperti Emtek dan investor lain dari luar negeri untuk memasuki bisnis digital. Lebih dari 62,5 juta penduduk Indonesia berusia di bawah 30 tahun, dan merupakan pengguna teknologi baru serta menjadi calon konsumen yang cepat dalam ekonomi digital.

Pada Juni 2016, Emtek setuju untuk membayar US$ 207 juta demi mendapatkan lisensi BBM dan berkomitmen untuk mengembangkan konten, membuat penyempurnaan layanan serta menarik lebih banyak pelanggan.

Penilai independen Baker Tilly Consultancy Pte. Ltd. Dari Singapura dalam laporannya menjelaskan, goodwill senilai Rp 1,97 triliun untuk lisensi global BBM merupakan selisih antara nilai pembelian sebesar Rp 2,74 triliun serta aset net dengan nilai Rp 769 miliar, berdasarkan laporan keuangan terbaru Emtek.

Goodwill merupakan kombinasi ekonomi masa depan yang tidak diidentifikasi secara individual dan diakui secara terpisah, sesuai dengan laporan keuangan. (Baca: Emtek Bangkitkan BBM di Indonesia Jadi Toko Layanan Online)

Sutanto mengklaim BBM memiliki sekitar 60 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. Setidaknya, para pengguna tersebut menggunakan aplikasi ini sebulan sekali. Sekitar 75 persen pengguna merupakan pengguna aktif setiap hari.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...