Subsidi Elpiji Tertutup Belum Siap Dilakukan Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
19 September 2017, 12:07
elpiji 3 kg
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pesimistis program subsidi elpiji secara tertutup bisa dimulai tahun depan. Alasannya proses verifikasi dan validasi data penerima subsidi belum siap.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan hingga kini proses verifikasi masih berjalan di bawah koordinasi Kementerian Sosial karena akan diintegrasikan dengan  bantuan sosial lainnya. "Saat ini masih dalam proses verifikasi dan validasi dasar. Jadi belum siap untuk menjalankan itu," kata Ego dalam rapat di Badan Anggaran (Banggar) DPR, Jakarta, Senin (18/9).

Meskipun demikian, Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan volume subsidi elpiji tahun sebesar 6,450 juta metric ton (MT). Angka ini naik dibandingkan target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar 6,199 juta MT.

Namun, sebenarnya, jumlah subsidi yang diputuskan dalam Banggar DPR itu lebih kecil dari usulan pemerintah yakni 6,952 juta metrik ton (MT). Usulan ini dengan mempertimbangkan konversi Bahan Bakar Minyak ke elpiiji untuk nelayah. Pertimbangan lainnya adalah konversi minyak tanah ke elpiji di beberapa wilayah di Indonesia bagian timur.

Di sisi lain, pemerintah juga tetap menyiapkan langkah agar subsidi elpiji tidak membengkak. Pertama, menghimbau kepada pemerintah daerah agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak menggunakan elpiji 3 kilogram (kg) dan yang nonsubsidi. (Baca: Subsidi Meleset, Sri Mulyani: Pemilik Apartemen Pakai Elpiji 3 Kg)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...