PT PP Akan Bangun Properti di 3 Stasiun Kereta

Ameidyo Daud Nasution
5 Oktober 2017, 11:19
PT PP (Persero)
www.bumn.go.id

PT PP (Persero) Tbk. berencana mengembangkan properti di kawasan stasiun kereta di Jakarta. Pengembangan kawasan atau Transit Oriented Development (TOD) ini akan dibangun di tiga stasiun, yakni Tanah Abang, Juanda, dan Manggarai. Lahan ketiga stasiun ini dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Direktur Utama PT PP Tumiyana menjelaskan dari tiga TOD tersebut, dua diantaranya akan dibangun dalam waktu dekat tahun ini. Keduanya adalah di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Juanda. Total dana yang akan dikeluarkan untuk pembangunan TOD di dua stasiun ini sebesar Rp 1,5 triliun.

Advertisement

Dia merinci untuk Stasiun Tanah Abang perseroan merogoh kocek sebesar Rp 1 triliun. Sedangkan untuk pengembangan kawasan di stasiun Djuanda, perusahaan plat merah tersebut menganggarkan dana Rp 500 miliar.

(Baca: Pengembangan Kawasan Bisa Tambah Penghasilan Proyek LRT 10%)

Mengenai rencana pembangunan TOD di Stasiun Manggarai, Tumiyana mengaku belum bisa menjelaskan lebih rinci saat ini. Menurutnya, dana yang dibutuhkan untuk TOD Manggarai bisa lebih besar dari TOD yang akan dibangun di Tanah Abang dan Juanda. Namun, dia belum bisa memastikan besaran angkanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement