Jokowi: Kemudahan Usaha Indonesia Kalahkan Tiongkok dan India

Ameidyo Daud Nasution
1 November 2017, 19:56
Jokowi BEI
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan dialog dengan pelaku pasar modal di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/7).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut peringkat kemudahan usaha di Indonesia saat ini berada di atas negara-negara semodel Tiongkok, India, dan Brasil. Hal ini seiring laporan indeks kemudahan berusaha yang telah dirilis Bank Dunia menempatkan Indonesia pada posisi 72.

Angka ini lebih baik ketimbang kemudahan usaha di Tiongkok mencapai ranking 78, India di peringkat 100, serta Brasil di posisi 125. Oleh sebab itu dirinya beranggapan dengan kenaikan peringkat ini maka Indonesia dpaat dikatakan lebih baik dari ketiga negara tersebut di bidang kemudahan usaha.

Advertisement

"Dulu kita di posisi 120, setelahnya 106, lalu 91, sekarang 72. Artinya kita sekarang sudah lebih baik dari mereka," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Rabu (1/11).

(Baca juga: Peringkat Kemudahan Usaha Tak Cukup Dorong Penguatan Kurs Rupiah)

Meski demikian Jokowi tetap menjanjikan adanya perbaikan dalam kemudahan berusaha di Indonesia. Apalagi dirinya tetap menargetkan ranking Indonesia dalam indeks kemudahan berusaha bisa mencapai 40 pada tahun 2019 nanti.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement