Pertamina-Chevron Akan Bentuk Perjanjian Kelola Bersama Blok Attaka

Anggita Rezki Amelia
8 November 2017, 18:35
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) akan mulai mengelola Blok Attaka di Kalimantan Timur mulai 1 Januari 2018. Pertamina akan menjadi mitra Chevron Indonesia di blok migas tersebut selama 10 bulan. 

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan nantinya kedua perusahaan akan membuat perjanjian unitisasi. Perjanjian ini mengatur bahwa Chevron bertindak sebagai operator dan Pertamina sebagai mitranya. 

“Karena lapangan Attaka dan lapangan East Kalimantan merupakan Lapangan Unitisasi, akan ada Perjanjian Unitisasi Pertamina-Chevron,” kata dia kepada Katadata, Rabu (8/11). (Baca: PetroChina Ajukan Minat Kelola Blok East Kalimantan Pakai Gross Split)

Dalam pengelolaan sementara blok tersebut Pertamina dan Chevron akan mengempit hak kelola secara proporsional, masing-masing sebesar 50 persen. Dasar pembagian porsi ini, karena blok tersebut menyatu dengan East Kalimantan. Blok Attaka dan East Kalimantan merupakan blok unitisasi yang berada pada satu struktur yang sama. 

Menurut Ego, pengelolaan Blok Attaka selama 10 bulan oleh Pertamina merupakan penugasan dari Kementerian ESDM. Penugasan ini dilakukan sembari menunggu Blok East Kalimantan selesai masa kontraknya pada 24 Oktober 2018.

Menurut Ego, sebenarnya Pertamina sudah ditugaskan untuk mengelola sementara Blok Attaka sejak awal tahun. Blok Attaka merupakan bagian dari 8 blok migas yang telah ditugaskan pemerintah kepada Pertamina pada Januari 2017. Namun, Pertamina mengembalikan Blok Attaka dan East Kalimantan pada awal Agustus lalu, lantaran tidak bersedia mengelola blok tersebut. Pertamina menilai kedua blok migas ini tidak ekonomis. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...