Grup Sukanto Tanoto Akui Punya Perusahaan Cangkang di Suaka Pajak

Yuliawati
Oleh Yuliawati - Desy Setyowati
10 November 2017, 20:04
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit, salah satu bisnis kelompok RGE.

Grup usaha milik Sukanto Tanoto, Royal Golden Eagle, mengakui memiliki beberapa perusahaan cangkang yang digunakan dalam kegiatan bisnis. RGE pun menyatakan hampir 10 tahun bekerja sama dengan perusahaan firma hukum Appleby, yang dokumennya menjadi rujukan Paradise Papers yang dirilis oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Deputy Head External Affairs RGE Pte Ltd, Felicia Tang, mengatakan Appleby memberikan layanan kesekretariatan perusahaan untuk anak usaha RGE, yakni Asia Pacific Resources International Holding Ltd (APRIL) dari 2005 hingga 2015.

Advertisement

"Pemberi pinjaman mempertahankan Appleby untuk memberikan pendapat hukum kepada mereka atas pinjaman yang diambil berbagai perusahaan di bawah grup RGE," kata Felicia Tang dalam pernyataan tertulis yang diterima Katadata, Jumat (10/11).

(Baca: Paradise Papers Ungkap Modus Perusahaan Cangkang Sukanto Tanoto)

Bisnis RGE meliputi pulp dan kertas, kelapa sawit hingga minyak dan gas bumi. RGE menyatakan memberikan saran strategis dan layanan bisnis kepada kelompok usahanya di antaranya APRIL dan Asian Agri. Layanan RGE meliputi perencanaan strategis, SDM, pengadaan dan keuangan perusahaan. 

Felicia mengatakan, dalam menjalankan bisnisnya, grup RGE memiliki beberapa perusahaan cangkang (offshore) untuk membantu perdagangan internasional dan menjalankan bisnis secara efisien.

“Kami mematuhi hukum dan peraturan baik domestik dan internasional yang relevan dalam semua urusan kami. Struktur perusahaan dan kepemilikan perusahaan terbentuk dengan tepat dan legal,” kata Felicia.

RGE mengatakan sebagai perusahaan tertutup mereka tidak mempublikasikan kinerja keuangan. “Audit internal dan eksternal perusahaan RGE dan anak usaha dilakukan secara rutin,” kata Felicia.

(Baca: RAPP Mengaku Salah dan Akan Perbaiki Rencana Kerja Usaha HTI)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement