Konsorsium PGN, Pertamina dan Engie Akan Bikin Fasilitas LNG Terbesar

Anggita Rezki Amelia
15 November 2017, 19:37
Nusantara Regas
www.nusantararegas.com

Konsorsium yang terdiri dari PT Pertamina (Persero), Engie dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN melalui anak usahanya yakni PT PGN LNG Indonesia berencana membangun fasilitas gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di Indonesia Tengah. Proyek itu masih dilelang PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN, nantinya akan menjadi yang terbesar di dunia.

Direktur Utama PT PGN LNG Indonesia Mugiono optimistis konsorsium itu bisa memenangkan lelang tersebut. Ini karena peserta lelang lainnya sudah gugur dan hanya tersisa konsorsium dari PT PGN LNG Indonesia, Pertamina dan Engie.

Advertisement

Namun, sampai saat ini konsorsium tersebut masih menunggu keputusan resmi dari PLN untuk menggarap proyek tersebut. “Kalau PLN sudah menunjuk konsorsium PGN, Pertamina dan Engie sebagai pemenangnya, proyek akan dimulai," kata Mugiono di Kementerian BUMN, Rabu (15/11).

Nantinya konsorsium tersebut akan membangun satu unit fasilitas regasifikasi dan penampungan (floating storage regasification unit/FSRU). Kemudian, satu unit kapal LNG besar yang mengangkut gas dan menyimpannya di FSRU. Ada juga kapal kecil yang membantu mengirimkan LNG ke terminal penerima.

Terminal penerima (receiving LNG) ini akan dibangun di 10 lokasi yang tersebar di Sulawesi, Kalimantan hingga Nusa Tenggara Barat. "Setelah proyek dibangun di 10 lokasi, ini menjadi proyek terbesar di dunia. Belum pernah ada yang seperti ini," kata Mugiono.

Total investasi untuk membangun proyek tersebut sekitar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,51 triliun. Sumber pendanaannya akan diperoleh melalui pinjaman dengan skema project financing melalui lembaga multinasional. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement