Tekan Biaya, PLN Bangun Fasilitas Regasifikasi di Sumatera Utara

Anggita Rezki Amelia
6 September 2017, 20:29
PLN
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana akan membangun unit fasilitas penampungan dan regasifikasi (Floating Storage Regasification Unit/FSRU) di Sumatera Utara. Tujuannya untuk menekan Biaya Pokok Produksi (BPP) di beberapa pembangkit listrik berbahan bakar gas.

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN Nicke Widyawati mengatakan proses pembangunan itu masih dalam tahap studi kelayakan. Studi itu nantinya juga akan digunakan untuk menentukan lokasi yang tepat membangun fasilitas regasifikasi tersebut.

(Baca: PLN: Singapura Tawarkan Fasilitas Penyimpanan Gas, Bukan Impor)

Rencananya fasilitas tersebut untuk memasok gas PLTGU Sumbagut 3 dan Sumbagut 4. Namun Nicke juga tidak menutup kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk pasokan gas PLTGU Belawan dan beberapa pembangkit gas lainnya.

Apalagi, selama ini PLTGU Belawan masih menyewa fasilitas regasifikasi LNG Arun milik PT Pertamina (Persero). Dengan adanya fasilitas FSRU baru ini, PLN kemungkinan tidak lagi menyewa fasilitas tersebut. "Ini yang sedang dikaji, kami lihat mana yg paling optimal," kata dia di gedung DPR Jakarta, Rabu (5/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...