Akuisisi MatchMove Indonesia, M Cash Bisnis Dompet Elektronik

Miftah Ardhian
20 November 2017, 19:32
ekonomi digital
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

PT M Cash Integrasi Tbk bersama dengan PT Kresna Graha Investama resmi memiliki saham PT MatchMove Indonesia. Kedua perusahaan tersebut masing-masing mengakuisisi 14,81 persen sahamnya dari perusahaan Singapura, MatchMove Pay Pte Ltd.

Managing Director Kresna Suryandy Jahja menjelaskan kerja sama ketiga lembaga ini akan memperkuat bisnis pasar keuangan dan financial technology (fintech). Dengan kolaborasi ini, ketiga perusahaan akan membangun sistem pembayaran digital (e-wallet) sendiri. Bisnis yang ditawarkan adalah dengan menjual e-wallet ini agar bisa digunakan oleh perusahaan lainnya. 

Advertisement

"Kalau pesawat terbang ada berbagai merk, tetapi yang membuat pesawatnya sendiri Boeing dan Airbus. Nah, kami menjadi Boeing dan Airbus tersebut, kami build pesawatnya," ujar Jahja di Kresna Tower, Jakarta, Senin (20/11). (Baca: Perusahaan Digital MCash Targetkan Laba Naik 7 Kali Lipat Tahun Depan)

Jahja mengklaim dengan e-wallet ini, pengguna bisa transaksi di negara manapun hanya dengan satu kartu atau perangkat yang telah terintegrasi dengan sistemnya. Saat ini MatchMove Indonesia telah bekerja sama dengan pihak Mastercard.

Dia mencontohkan, belanja online di platform luar negeri seperti Amazon, pembelinya tidak akan bisa melakukan pembayaran melalui platform e-wallet lokal yang banyak berkembang saat ini. Namun, dengan e-wallet milik MatchMove, transaksi pembayaran tersebut bisa dilakukan.

Selain itu, berbagai perusahaan yang menggunakan e-wallet-nya ini pun akan mendapatkan berbagai kemudahan. Contohnya, perusahaan yang mau membangun e-wallet tidak perlu memulai dari dasar. Hanya tinggal bekerja sama dengan MatchMove Indonesia untuk memiliki e-wallet sendiri. Dengan begitu, perolehan izin pun bisa lebih cepat didapatkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement