Menkominfo Sebut Ruangguru Berpotensi Raih Status Unicorn

Michael Reily
22 November 2017, 18:25
Menkominfo Rudiantara
Katadata | Arief Kamaludin
Menteri Kominfo Rudiantara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan perusahaan teknologi penyedia layanan pendidikan Ruangguru bakal menyandang status unicorn atau startup yang memiliki valuasi US$ 1 miliar.  Saat ini beberapa startup berstatus unicorn di antaranya Tokopedia, Traveloka, dan Go-Jek. 

Rudiantara mengatakan, status unicorn dapat dicapai jika Ruangguru mampu mengakses Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) untuk sektor pendidikan yang persentasenya 20%. Dalam Rancangan APBN 2018, alokasi pendidikan mencapai Rp 440,9 triliun. Secara nilai, anggarannya meningkat sebesar 3,3% dibanding tahun lalu.

Advertisement

Rudiantara menyatakan telah bertemu dengan Chief Executive Officer Ruangguru Adamas Belva dan mengkalkulasi anggaran. "Kalau Ruangguru bisa mendapatkan 1-2% saja, berapa besar yang diterima," katanya di Jakarta, Rabu (22/11).

(Baca: Bukalapak Siap Susul Status Unicorn Tokopedia, Traveloka, dan Go-Jek)

Ia mengungkapkan sektor pendidikan nasional butuh investasi dari dalam negeri karena peraturan melarang penanaman modal asing. Contohnya, perusahaan teknologi asal Jepang bernama Quipper yang masuk ke Indonesia.

Rudiantara menyebutkan Ruangguru tidak akan kalah jika investasi dalam negeri terus ditingkatkan. Tren belajar juga sudah beralih menjadi digital. "Ongkosnya paling mahal 20% dari ongkos pembelajaran konvensional," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement