Pemerintah Butuh Dirjen Pajak Moderat, Robert Pakpahan Dinilai Cocok

Desy Setyowati
24 November 2017, 11:09
robert pakpahan
Kementerian Keuangan

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analys (CITA) Yustinus Prastowo menyebut pemerintah bakal mencari sosok Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak yang moderat di tahun politik. Maka itu, ia menilai beralasan jika mencuat nama Robert Pakpahan yang kini menjabat Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan.

"Ada law enforcement dan tarik-tarikan untuk makro ekonomi. Ini menurut saya pada akhirnya memunculkan nama Robert Pakpahan (sebagai kandidat Dirjen Pajak). Karena ada kebutuhan moderasi," kata Prastowo saat Media Gathering di Manado, Kamis (23/11) malam. (Baca juga: Sri Mulyani Harap Presiden Segera Tunjuk Dirjen Pajak yang Baru)

Advertisement

Menurut dia, Robert merupakan sosok yang tidak terlalu menggebu-gebu. Maka itu, cocok dengan pemerintah yang cenderung menghindari gejolak dari sisi anggaran di tahun politik. Selain itu, ia juga dianggap sebagai sosok yang berpengalaman dan sudah dikenal secara internasional.

(Baca juga: Suhu Politik Menghangat, Pemerintah Sengaja Buat APBN 2018 Konservatif)

Ke depan, Prastowo menduga, jika pertimbangan pemerintah seperti yang dijabarkannya, maka penegakan hukum akan dilakukan secara selektif oleh Ditjen Pajak. “Dipaksa untuk memilih jalan moderat,” ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement