Akhir Tahun Jokowi Resmikan Dua Proyek Infrastruktur

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

19/12/2017, 14.00 WIB

Kedua infrastruktur tersebut adalah jalan tol Surabaya-Mojokerto dan pembangkit listrik di Nabire, Papua.

Jokowi di Tol Kualanamu
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri)

Menjelang akhir tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan secara langsung dua proyek infrastruktur yang sudah selesai pembangunannya. Dalam empat hari ke depan Jokowi dijadwalkan akan meresmikan proyek jalan tol Surabaya-Mojokerto dan pembangkit listrik di Nabire, Papua Barat.

Peresmian infrastruktur tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke enam provinsi, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Papua Barat, Papua, Bali, serta Jawa Tengah. Perjalanan kerja ini memakan waktu 4 hari mulai tanggal 19 hingga 23 Desember.

"Beberapa kegiatan Presiden adalah peresmian tol Surabaya - Mojokerto, pembangkit listrik Nabire, peringatan hari ibu di Raja Ampat, serta penyerahan sertifikat tanah di beberapa provinsi," demikian keterangan resmi Sekretariat Presiden, Selasa (19/12). (Baca: Jokowi Resmikan Bendungan Raknamo di NTT Bulan Ini)

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 08.08 WIB tadi pagi dan tiba di Yogyakarta pukul 08.52. Di Yogyakarta Presiden menghadiri Dies Natalis Universitas Gajah Mada (UGM).

Sedangkan peresmian tol Surabaya - Mojokerto akan dilakukan usai Dies Natalis UGM. Setelahnya pada sore hari rombongan Prsiden akan melanjutkan perjalanannya menuju kota Sorong, Papua Barat. (Baca: Hingga November, Empat Proyek Infrastruktur Strategis Rampung)

"Turut menyertai, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Sekretaris Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono," demikian bunyi keterangan resmi tersebut.

Peresmian tol ini sebenarnya sudah direncanakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dilakukan pada pekan lalu. Namun ternyata baru dapat dihadiri Jokowi pada pekan ini. 

Ruas jalan tol yang akan diresmikan adalah Seksi IB, Seksi II, serta Seksi III dengan panjang 15,5 kilometer yang menghubungkan Krian dengan Sepanjang. Dengan beroperasinya tol ini, kota Surabaya dan Mojokerto sepanjang 36 kilometer tersambung dengan tol Trans Jawa lainnya.

(Baca: Infrastruktur Mulai Rampung, Jokowi Ajak Pengusaha investasi di Daerah)

Secara total, Kementerian PUPR telah menargetkan 379,2 kilometer pembangunan jalan tol bisa selesai hingga akhir tahun ini. Angka tersebut berarti jumlah jalan tol terbangun bisa menjadi 555,2 kilometer hingga tahun ini dari 176 kilometer tahun lalu.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan