BNI Akan Miliki Perusahaan Modal Ventura Tahun Depan

Miftah Ardhian
19 Desember 2017, 07:00
BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI KATADATA|Arief Kamaludin

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, berencana mendirikan perusahaan modal ventura pada tahun depan. Perusahaan baru ini akan menjadi wadah bagi BNI untuk melakukan kolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) yang semakin berkembang di Indonesia.

Direktur Perencanaan dan Operasional BNI, Bob Tyasika Ananta menjelaskan, pihaknya terus mengamati perkembangan fintech di tanah air. Dengan pertumbuhannya yang semakin pesat, BNI pun berencana melakukan kolaborasi dengan perusahaan berbasis digital ini untuk meningkatkan inklusi keuangan.

Namun, Bob mengatakan, sebagai Bank, BNI tidak bisa begitu saja mengakuisisi atau masuk dalam bisnis fintech. Alhasil, BNI perlu membentuk perusahaan modal ventura agar bisa melakukan pendanaan dan berkolaborasi dengan fintech.

Kepemilikan perusahaan modal ventura ini pun sudah termaktub dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) milik BNI. "Bayangan saya, tahun 2018 kami sudah punya modal ventura," ujarnya saat diskusi dengan media, di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Senin (18/12).

(Baca: BI Siapkan Uang Tunai Rp 194 Triliun untuk Natal dan Tahun Baru)

Hanya, Bob mengakui, BNI masih melakukan kajian terkait mekanisme pembentukan perusahaan modal venturanya ini. Terdapat dua opsi yang tengah disiapkan. Pertama, membentuk perusahaan modal ventura itu sendiri dari awal dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli. Kedua, BNI juga memiliki rencana untu mengakuisisi perusahaan modal ventura yang telah berdiri.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...