Siapkan Dana Abadi Pendidikan, Jokowi: Jangan Asal Biayai Pelajar

Ameidyo Daud Nasution
28 Desember 2017, 12:37
jokowi
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Presiden Joko Widodo (kanan) berdialog dengan santri Ponpes Annawawi Nahrudin (kiri) saat menghadiri acara Haul ke-124 Syekh Nawawi di Tanara, Serang, Banten, Jumat (21/7).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar beasiswa Pemerintah tidak digunakan asal-asalan membiayai mahasiswa di luar negeri. Dia pun memerintahkan agar format dana pendidikan nasional diubah.

Dalam rapat terbatas (ratas) mengenai dana abadi pendidikan, Jokowi meminta jajaran kabinetnya memetakan dengan baik sektor apa yang dianggap tertinggal di Indonesia, agar bisa dimajukan. Dengan pemetaan ini, program studi dan dana pendidikan difokuskan untuk sektor-sektor tersebut.

Advertisement

"Jangan asal mengirim ke luar negeri saja," kata Jokowi tentang Tindak Lanjut dari Program Dana Abadi Pendidikan, di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (27/12) malam. (Baca: Jokowi Minta Pelayanan Pendidikan Dirombak Besar-Besaran)

Presiden ingin agar beasiswa yang diberikan negara tidak hanya ditujukan untuk membiayai pelajar ke satu negara tertentu. Perlu dipelajari terlebih dahulu apa saja keunggulan tiap negara tujuan, kemudian diselaraskan dengan hasil pemetaan sektor-sektor yang dibutuhkan.

"Dari segi tempat belajar, jangan monoton," ujar dia. Selama ini negara tujuan beasiswa masih didominasi oleh Eropa, seperti Inggris dan Belanda, serta Australia, Jepang dan Amerika. Presiden ingin melakukan diversifikasi termasuk ke negara-negara yang selama ini belum secara tradisional menjadi tempat belajar.

Jokowi juga meminta dana abadi pendidikan dipergunakan untuk penelitian terkait bidang energi, pangan, digital ekonomi hingga riset. Riset yang dilakukan pun harus bisa diaplikasikan dan memberikan manfaat bagi negara, tidak hanya sekadar laporan yang menumpuk di perpustakaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement